Minggu, 03 Juli 2022

Tim Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim Tangkap Satu Pemain Investasi Bodong, Di Bali

By: admin
31 Mei 2022
Dilihat 69 kali

SURABAYA, Mediatrans9.com

Ditreskrimsus Polda Jatim melakukan ungkap kasus tindak pidana ITE penipuan arisan dan investasi bodong melalui media sosial WhatsApp.

Dalam pengungkapan kali ini, Ditreskrimsus berhasil tangkap satu tersangka, yaitu inisial APK umur 22 tahun warga surabaya.

Kasubdit V Cyber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur AKBP Wildan Albert menjelaskan bahwa tersangka APK ini, modusnya mengunakan akun media sosial Whatsapp nomor hendphon yang di gandakan dan menawarkan arisan dengan sistem reguler, duos/investasi dan simpan pinjaman melalui grup Whatsapp Arisan Love.

"Dalam arisan sistem do investasi dan simpan pinjam ada peminjam dan barang jaminan dari peminjam namun hal tersebut tidak ada/fiktif," kata AKBP Wildan.

Namun kronologis kejadian Sejak bulan Mei 2019 tersangka APK mengadakan dan menawarkan arisan dengan sistem reguler duos/investasi dan simpan pinjam melalui grup media sosial Whatsapp ARISAN LOVE.

"Dengan meminjamkan keuntungan/profil yang sangat tinggi namun pada saat waktunya member/peserta arisan melakukan penarikan saldo/modal milik pelapor tidak dibayarkan oleh tersangka," ungkapnya.

Dari hasil penyidikan dari 13 korban, sementara ini total kerugian sebesar Rp. 1.104.495.200, (satu miliar seratus empat juta empat ratus sembilan puluh lima ribu dua ratus rupiah).

"Dalam perbuatannya, tersangka akan ditetapkan dalam pasal 45A ayat 1 Jo pasal 28 ayat 1 undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik sebagaimana diubah atas undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara," tegasnya. (Is)