Senin, 08 Agustus 2022

Bupati Tulungagung Hadiri Peringatan ISRA' MIR'AJ Nabi Muhammad SAW 1443 H

By: admin
18 April 2022
Dilihat 83 kali

TULUNGAGUNG, Mediatrans9.com

Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan kegiatan Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1443 Hijriah, tepatnya pada hari Jumat 4 Maret 2022 mulai pukul 09.00 WIB, bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Tulungagung Dra. Hj. Miftakhurrohmah, M.Ag, Pengawas Madrasah Perwakilan Kantor Kemenag Tulungagung Drs. H. Khirom Rofi'i, M.Pd. 

Hadir juga Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tulungagung Dr. Drs. Sukarji, M.Pd.I, Para Alim Ulama Kyai dan Bu Nyai, serta Tokoh Ormas Islam dan Kepala Perangkat Daerah terkait. Peringatan Isra' Mi'raj ini juga menghadirkan penceramah KH. Agus Anang Muhsin.

Di sela rangkaian acara, dilaksanakan juga penyerahan hadiah secara simbolis oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM terkait Lomba Menulis Al Qur’an Iqro’ Bil Qur’an dengan metode Follow The Line dalam rangka Gerakan Indonesia Menulis Al Qur’an (GIMA) yang diselenggarakan BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim) Tulungagung. Adapun para pemenang dalam lomba ini beberapa diantaranya, yakni : (1) Juara I Rasendria Widyadhana Alfaroji dari MI Darul Ulum Salakkembang Kalidawir, (2) Juara II Ifa Ata Chaya dari MIN 1 Tulungagung, (3) Juara III Ayum Nisa'ul Hajidah dari MIN 5 Tulungagung.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa peristiwa Isro’ Mi'roj mengandung hikmah yang selalu relevan dalam kehidupan kita dewasa ini, baik sebagai umat, baik sebagai bangsa, maupun sebagai masyarakat dunia yang mendambakan kemajuan, yang mendambakan perdamaian, yang mendambakan kesejahteraan dan kebahagiaan. 

"Peringatan Isro’ Mi’roj mari kita jadikan sebagai media atau pedoman pencerahan bagi sikap dan tindakan kita, sehingga dari waktu ke waktu, dari hari ke hari amaliah kita akan terus mengalami peningkatan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas", harap Bupati Tulungagung

Lebih lanjut, Bupati Tulungagung mengajak memaknai nilai-nilai Isro’ Mi'roj sebagai bagian dari revolusi mental karakter bangsa, utamanya dalam memantapkan karakter bangsa kita sebagai bangsa yang memiliki potensi, yang memiliki talenta individual yang kuat daya intelektualnya dan pikirannya. 

"Marilah kita terus perteguh kebhinnekaan dan perkuat restorasi sosial sebagai pilar untuk mewujudkan masyarakat yang rukun, masyarakat yang damai, masyarakat yang bermoral dan berbudaya, serta mampu menjaga perbedaan dalam negara yang majemuk", ucap Bupati Tulungagung

Lebih dalam, Bupati Tulungagung menegaskan, bahwa mari menyingkirkan sifat yang saling menyalahkan, saling mencela, saling mengejek, merasa diri yang paling baik, dan juga tidak saling menyembunyikan kesalahan. 

"Mari kita bangun kebersamaan, kita bangun kerukunan, kita bangun toleransi, dan kita bangun rasa saling percaya", tutur Bupati Tulungagung

Di sela rangkaian acara, dilaksanakan juga penyerahan hadiah secara simbolis oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM terkait Lomba Menulis Al Qur’an Iqro’ Bil Qur’an dengan metode Follow The Line dalam rangka Gerakan Indonesia Menulis Al Qur’an (GIMA) yang diselenggarakan BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim) Tulungagung. 

Adapun para pemenang dalam lomba ini beberapa diantaranya, yakni : (1) Juara I Rasendria Widyadhana Alfaroji dari MI Darul Ulum Salakkembang Kalidawir, (2) Juara II Ifa Ata Chaya dari MIN 1 Tulungagung, (3) Juara III Ayum Nisa'ul Hajidah dari MIN 5 Tulungagung.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Mauidloh Hasanah oleh KH. Agus Anang Muhsin, yang secara garis besar menerangkan tentang peristiwa Isra Mi'raj merupakan perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW saat mendapatkan perintah shalat dari Allah SWT. Sholat dapat mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar. (Rdi/berbagai Sumber)