Senin, 08 Agustus 2022

Implementasikan Kurikulum Merdeka SMKN 1 Kademangan Gelar Bimtek

By: admin
20 Juni 2022
Dilihat 66 kali

BLITAR. Mediatrans9.com

Sebagai satu-satunya sekolah yang terpilih di Kabupaten Blitar sebagai sekolah yang di tunjuk oleh pusat menjadi Pusat Keunggulan (PK) SMKN 1 Kademangan harus menerapkan Kurikulum Merdeka mulai tahun ajaran 2022/2023.

Oleh karena itu pada tanggal 15 hingga 17 Juni di sekolah tersebut di gelar Bimtek dalam rangka persiapan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan penyusunan Silabus untuk Kelas XI - XII.

Acara tersebut di hadiri oleh Pengawas SMK Kabupaten Blitar ibu Endang Pratiwi,  M. Pd yang memberikan bimbingan pembekalan yang diperlukan. 

Dalam kesempatan tersebut di sampaikan bagaimana cara melakukan kebijakan Kurikulum Merdeka (KM), menyusun Kurikulum Operasional sekolah, mengembangkan perangkat ajar, membuat project Profil Pelajar Pancasila serta Raport Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data.

Jadi ke depan yang ada raportnya tidak hanya siswa, tapi sekolah secara management juga ada raportnya. 

Untuk itu salah satu contoh misalnya, apakah kemampuan literasi siswa itu sudah bagus, kalau belum sebabnya apa, termasuk di antaranya misalkan anak-anak SMKN 1 Kademangan kampuan membaca mencari literasinya kurang itu karena apa, apakah karena akses internetnya kurang, bukunya kurang dan sebagainya.

Dan itu semua berdasarkan basis data survey dan temuan di lapangan atau fakta di lapangan, misalnya jumlah buku sudah sesuai dengan jumlah siswa apa belum, sehingga dalam penyusunan anggaran nanti akan sesuai dengan kebutuhan sekolah masing-masing, supaya tidak ada lagi sekolah tertinggal atau sekolah maju sendirian dan juga agar nanti semua alokasi anggaran program itu akan sesuai dengan apa yang di butuhkan oleh sekolahnya. 

Di mulai dari Tahun Ajaran Baru 2022/2023 SMK PK wajib menerapkan Kurikulum Merdeka dan semua SMA/SMK yang di bawah naungan Departemen Pendidikan juga akan menerapkan Kurikulaum Merdeka yang sudah menjadi keputusan Menteri Pendidikan. (Hary )