Senin, 08 Agustus 2022

Desa Klumpit Implementasikan Terkait Tapal Batas Desa

By: admin
30 Juni 2022
Dilihat 41 kali

MADIUN,Mediatrans9.com

Kegiatan Penetapan dan Penegasan Batas Desa Klumpit  Kecamatan Sawahan   Kabupateb Madiun dalam rangka implementasi Permendagri 45/2016 tentang Penetapan dan Penegasan Batas Desa, pada tahun 2022. Tujuan Permendagri tersebut adalah menciptakan tertib administrasi pemerintahan, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu Desa yang memenuhi aspek teknis dan yuridis.

Batas daerah menjadi penting karena seringkali terjadi ketidakjelasan batas daerah. Misalnya, tidak ada skala, tidak ada proyeksi peta dan sistem koordinat, tidak ada datum geodetik, tidak jelasnya deliniasi garis batas, tidak dicantumkannya sumber data, pembuat dan tahun pembuatannya. Untuk itu harus ada penetapan dan penegasan batas wilayah.

Selain itu, ketidakjelasan batas desa juga akan berpengaruh terhadap perencanaan pembangunan, penanganan permasalahan yang lamban, serta lambatnya penyebaran informasi. Padahal batas Desa juga penting untuk menciptakan daya saing Desa/Kelurahan.

Desa Klumpit Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun ada  patok  batas antara lain berbatasan dengan Desa Kajang Madiun , Dengan Desa Mojomanis Kabupaten Ngawi ,Desa Karangsono Kabupaten Ngawi. 

Kades Klumpit " Sugiono " mengatakan bahwa pemetaan batas desa merupakan hal yang sangat penting karena menjadi basis atau dasar perencanaan desa. Pasalnya, untuk membuat perencanaan harus memiliki basis yaitu data. "Dengan adanya informasi batas desa, tidak hanya pemetaannya saja tetapi dapat kita data sosial ekonomi yang ada di desa, misal berapa jumlah penduduknya, berapa luasnya, berapa wilayah pertaniannya, berapa wilayah perkebunannya," ujarnya.

Lebih lanjut " Sugiono " menegaskan batas desa yang tidak jelas atau semrawut dapat menyebabkan konflik. Selain itu efeknya juga menyebabkan administrasi tidak tertib, kurang memahami atau kurang mengenal wilayahnya. "Tentu saja akan berpengaruh terhadap perencanaan pembangunan penanganan bencana kurang cepat serta informasi kurang cepat," paparnya.
Tak lupa saya mewakili masyarakat Desa Klumpit mengucalkan banyak terima kasih kepada Bapak Bupati Madiun H.Ahmad Dawami Ragil Saputro S,Sos yang telah mendukung program Implementasi tapal batas Desa  dan program - program pemerintah Daerah mulai ADD /DD / dan lainnya yang telah diberikan ke Desa Klumpit  pungkasnya ( Julioe )